8 Masakan Khas Padang yang Nikmat Banget, Mana Favoritmu?

8 Masakan Khas Padang yang Nikmat Banget, Mana Favoritmu?

8 Masakan Khas Padang yang Nikmat Banget, Mana Favoritmu?

Masakan padang merupakan salah satu makanan khas Minangkabau yang terkenal dengan kelezatannya. Saking enaknya, masakan tersebut sudah tersebar hingga ke luar negeri.Ada beberapa ciri khas yang menjadikan masakan Padang begitu populer. Selain bersantan dan cenderung pedas, ternyata perbedaannya terletak pada wilayahnnya.

Padang di daerah perbukitan lebih sering menggunakan lauk daging, seperti dendeng, rendang dan lain sebagainya. Sedangkan, kawasan Padang pesisir lebih banyak lauk ikan. Misalnya seperti gulai ikan, ikan bakar, gulai kepala ikan, dan masih banyak lagi.

Banyak menu masakan Padang yang lezat, IDN Times telah merangkum 10 makanan lezat berikut ini.

1. Sate Padang

Berbeda dengan Jawa, saus sate Padang menggunakan tepung beras yang sudah diencerkan. Kemudian, dicampur ke dalam air rebusan daging yang kaya rempah. Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan.

Ada tiga macam sate Padang yang memiliki saus berbeda. Sate Padang Panjang sausnya berwarna kuning, sate Padang Pariaman sausnya berwarna merah, dan sate Padang Kota sausnya berwarna kecoklatan.

2. Rendang

Tak perlu diragukan lagi, rendang merupakan masakan yang sangat enak. Bahkan, telah dinobatkan  sebagai makanan paling enak di dunia.

Kelezatan daging rendang dipengaruhi pada proses pembuatannya, yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya butuh waktu berjam-jam hingga kering dan berwarna hitam pekat.

3. Ayam Goreng

Biasanya, masakan ini menggunakan ayam jantan kecil atau ayam kampung yang diungkep dengan bumbu bawang. Remahan bumbu dan kelapa dimasak bersama ayam, digoreng hingga kuning kecokelatan. Terlihat biasa, tetapi ayam goreng khas Minangkabau ini sangat gurih dan sedap.

4. Dendeng Batokok

Kamu yang suka pedas sepertinya akan ketagihan mencoba kelezatan dendeng batokok. Makanan yang dipenuhi potongan daging sapi tebal dipadukan dengan sambal cabai hijau dan potongan bawang merah di atasnya. Daging sapinya sangat empuk dengan sentuhan rasa pedas dan asam.

5. Ikan Balado

Tiap restoran Padang memiliki resep balado masing-masing. Bahan dasar sambal balado dibuat ari bawang merah, cabai, tomat, air jeruk nipis, garam, dan gula.

Rasanya gurih renyah dan pedas cabai merah. Sebagai pelengkap, masakan tersebut dicampur dengan sayuran rebus sehingga terasa pedas dan manisnya sangat tajam.

 

6. Dendeng Balado

Selain ikan, dendeng sangat lezat bila dikombinasikan dengan sambal balado. Renyah dan gurih dendeng Minang berpadu dengan sambal yang diulek kasar, langsung sukses membuat kita lapar.

Di restoran Minang, dendeng balado berwarna hitam, diiris tipis, dan digoreng sampai kering. Sambalnya terasa pedas karena menggunakan cabai rawit yang tak dibuang bijinya.

7. Ikan Asam Padeh

Ikan asam padeh merupakan salah satu makanan khas Minangkabau yang tidak menggunakan santan. Meski tak bersantan, kuah asam padeh tampak keruh karena menggunakan kemiri.

Asam padeh paling sering dipadukan dengan ikan tongkol. Sesuai namanya, rasa masakan ini terasa asam dari kandis dan pedas dari cabai.

8. Soto Padang

Selain lauknya yang sangat menggoda, orang Minang juga mempunyai soto yang tak kalah lezat. Soto Padang berisi daging kering yang renyah, paru, perkedel, dan suun.

Paduan isian lengkap dengan kuah beraroma rempah bakal membuatmu makan dengan lahap. Tambahkan perasan air jeruk, sambal dan kerupuk, agar lebih endes.