Agar Baterai Smartphone Tidak Cepat Habis, Coba Lakukan Tips Ini

Agar Baterai Smartphone Tidak Cepat Habis, Coba Lakukan Tips Ini

Agar Baterai Smartphone Tidak Cepat Habis, Coba Lakukan Tips Ini

Ini dia tips agar baterai smartphone tidak cepat habis

SEMUA BERITA  – Ketika akan bepergian, biasanya persiapan apa yang teman-teman lakukan?

Mungkin ada yang menyiapkan berbagai perlengkapan, menyiapkan bekal, tidak lupa mengisi daya smartphone dan power bank agar baterai smartphone tidak habis saat dalam perjalanan atau saat di tempat tujuan.

Sayangnya, ternyata ada berbagai kebiasaan yang mengakibatkan baterai menjadi boros, lo, teman-teman.

Ketika baterai smartphone habis, tentu hal ini akan membuat kita kebingungan, teman-teman, karena tidak bisa melakukan berbagai hal, seperti menelepon atau memotret.

Nah, Bobo punya beberapa tips agar agar baterai smartphone teman-teman tidak cepat habis dan tetap bisa digunakan saat sedang bepergian, lo.

1. Cek dan Hentikan Aplikasi Paling Boros Baterai

Ada berapa aplikasi di smartphone teman-teman? Smartphone yang teman-teman miliki pasti terisi berbagai aplikasi, baik itu aplikasi bawaan maupun aplikasi yang teman-teman download.

Dengan banyaknya aplikasi di smartphone kita, penggunaannya ternyata bisa menyedot baterai kalau digunakan terus menerus, lo.

Nah, sebaiknya teman-teman cek aplikasi apa saja yang paling banyak menyedot baterai di pengaturan ponsel.

Kalau smartphone teman-teman adalah Android, maka bisa dilakukan pengaturan di bagian “Settings” kemudian lakukan pengaturan di menu “Battery & Performance”, kemudian “Power Usage”.

Di pengaturan ini, kita bisa melihat aplikasi apa saja yang menghabiskan paling banyak daya baterai kita, lo, teman-teman.

Pengaturan penggunaan baterai ini mungkin berbeda-beda di setiap ponsel, ya, teman-teman.

2. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Siapa yang menyetel tingkat kecerahan layar smartphone atau brightness dengan tingkat yang tinggi?

Nah, hal ini juga menajdi salah satu penyebab smartphone kita boros baterai, lo, teman-teman.

Tingkat kecerahan ponsel memang memengaruhi kenyamanan kita dalam menggunakan smartphone dan melihat tampilan di layar.

Tapi hal ini juga ini berpengaruh pada awet atau tidaknya baterai, lo, karena semakin tinggi tingkat kecerahan, maka semakin boros juga baterai smartphone teman-teman.

Untuk itu, sebaiknya tingkat kecerahan smartphone diatur dengan kondisi dan tempat teman-teman berada saat menggunakan smartphone.

Selain itu, sebaiknya teman-teman juga tidak menggunakan fitur kecerahan otomatis yang akan menggunakan sensor cahaya karena hal ini juga akan menguras baterai.

3. Matikan Sinyal Radio yang Tidak Penting

Sinyal radio yang dimaksud di sini adalah frekuensi radio yang digunakan oleh beberapa fitur pada smartphone kita, nih, teman-teman.

Fitur-fitur ini misalnya GPS atau Wi-Fi yang memang membantu dan berguna untuk kita, tapi kadang tidak kita sadari kalau menghabiskan baterai smartphone kita.

Tapi kadang kita lupa untuk mematikan sinyal radio ini saat sudah tidak digunakan lagi, teman-teman.

Nah, kalau sinyal radio ini terus aktif ketika tidak digunakan, maka akibatnya baterai smartphone kita akan terkuras dan cepat habis.

Untuk itu, kalau teman-teman sudah tidak menggunakan fitur-fitur tadi, seperti GPS, Wi-Fi, atau Bluetooth, maka sebaiknya segera matikan dan hidupkan saat akan menggunakannya.

4. Jangan Tinggalkan Aplikasi Berjalan di Background

Nah, hal ini mungkin adalah yang paling sering dilakukan oleh kita, teman-teman.

Kita kadang menjalankan multi-tasking, yaitu istilah di mana kita menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan di smartphone.

Banyak yang menjalankan aktivitas ini karena lebih memudahkan kita untuk kembali ke aplikasi-aplikasi yang sering dibuka tanpa harus memulai kembali aplikasi tersebut.

Meskipun dirasa lebih praktis, ternyata hal ini banyak menguras baterai karena aplikasi terus berjalan di sistem ponsel dan memori, lo.

Agar baterai tidak boros, sebaiknya teman-teman tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan setelah kita selesai menggunakannya.

Selain itu, hindari menekan tombol “Home” untuk kembali ke layar utama *smartphone. *

Sebaiknya tekan tombol “Recent apps” atau “Task manager” atau sejenisnya untuk menutup aplikasi yang tidak terpakai dan masih berjalan di memori ponsel.