Awas! 5 Bahan Ini Sering Disebut Ampuh Sebagai Obat Jerawat Padahal Justru Berbahaya

Awas! 5 Bahan Ini Sering Disebut Ampuh Sebagai Obat Jerawat Padahal Justru Berbahaya

Awas! 5 Bahan Ini Sering Disebut Ampuh Sebagai Obat Jerawat Padahal Justru Berbahaya

SEMUA BERITA – Ada banyak sekali obat jerawat yang bisa kamu temukan sekarang ini, baik yang mengandung bahan kimia maupun organik. Terlebih lagi, ada banyak artikel yang membahas tentang obat jerawat natural yang menggunakan bahan alami atau menggunakan barang-barang rumah tangga yang mudah didapat.

Masalahnya adalah, tidak semuanya terbukti benar. Sebagian hanya mitos belaka. Jika memang ada beberapa bahan yang mengandung zat anti bakteri, tapi jika digunakan secara sembarangan justru akan merusak kulitmu. Berikut 5 bahan yang tidak boleh sembarangan digunakan sebagai obat jerawat.

1. Pasta Gigi

Sering dengar kan yang katanya pasta gigi sangat ampuh sebagai obat jerawat? Nah, kali ini kamu harus dengar faktanya. Meskipun pasta gigi memang bisa sebagai masker untuk menutupi kekurangan kulitmu, tetapi itu juga bisa membuat kulit kering, sehingga menimbulkan masalah yang jauh lebih besar dari sekadar jerawat. Terlebih, jika kamu menggunakan pasta gigi berbentuk gel, kandungannya akan menyengat dan membakar kulitmu.

2. Peeling

Chemical peeling memang menjadi trend belakangan ini, sebuah metode untuk mengupas lapisan teratas kulit untuk menghilangkan kulit mati. Jika kamu memang ingin menghilangkan bekas jerawat, chemical peeling memang bisa menjadi solusi. Namun jika kamu ingin menyembuhkan jerawat, melakukan peeling justru bisa membuat jerawat semakin meradang dan kulit iritasi.

3. Lemon

Air perasan lemon juga sering digunakan untuk menangani jerawat. Memang, lemon memiliki kandungan anti-bakteri yang bisa mengurangi jerawat. Namun, jika diaplikasikan ke kulit yang sensitif, kulitmu akan meradang, iritasi, dan memerah. Tak hanya itu, jika setelahnya langsung terekspos sinar matahari, kulitmu juga akan langsung terbakar.

4. Obat Tetes Mata

Memang betul bahwa obat tetes mata bisa mengurangi kemerahan pada jerawat jika digunakan sebagai spot treatment, atau obat yang langsung ditotol ke jerawat. Meskipun begitu, obat tetes mata hanya bisa mengurangi kemerahan, tetapi tidak benar-benar menyelesaikan masalah jerawat langsung dari akar, serta tidak bisa membersihkan kulitmu. Salah-salah malah bisa menyumbat pori.

5. Berjemur

Berjemur di bawah sinar matahari memang bisa mengeringkan jerawat dan membersihkan kulit. Namun, reaksi jangka panjangnya bisa buruk bagi kulit. Untuk beberapa hari, kulitmu mungkin bersih dan jerawat hilang. Beberapa hari sesudahnya, jerawat akan kembali muncul, malah lebih buruk dari sebelumnya.