Diam-diam Pakai Tusuk Gigi Punya 5 Kerugian, Apa Saja?

Diam-diam Pakai Tusuk Gigi Punya 5 Kerugian, Apa Saja?

Kamu pasti sering ngalamin ada sisa makanan yang tersangkut di gigi kamu dan rasanya itu gak enak banget. Biasanya kamu membersihkan sisa makanan tersebut dengan menggunakan tusuk gigi. Stop, mulai sekarang jangan terlalu sering menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan makanan yang tersangkut pada gigi kamu karena itu sangat tidak baik untuk kamu.

Ternyata penggunaan tusuk gigi itu bisa membuat kondisi gigi kamu rusak dan gak sehat lagi. Ada beberapa bahaya yang ditimbulkan saat kamu menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanan yang tersangkut di gigi kamu.

Nah, berikut ini bahaya-bahaya yang timbul akibat menggunakan tusuk gigi.

1. Gusi kamu jadi lecet

Diam-diam Pakai Tusuk Gigi Punya 5 Kerugian, Apa Saja?

Bentuk tusuk gigi yang biasanya runcing dan keras ini terbuat dari kayu yang bisa membuat gusi kamu terluka. Biasanya tanpa sadar kamu membuat goresan pada gusi saat membersihkan sisa makanan. Hal ini di khawatirkan goresan pada gusi kamu akan membuat luka yang lebih serius lagi, seperti gusi berdarah.

2. Membuat gigi kamu jadi renggang

Diam-diam Pakai Tusuk Gigi Punya 5 Kerugian, Apa Saja?

Ternyata jika kamu menggunakan tusuk gigi terlalu sering untuk membersihkan gigi, itu bisa membuat gigi kamu jadi renggang lho. Dan gak hanya itu saja, bentuk susunan gigi kamu pun bisa jadi berantakan dan kurang rapi. Lama kelamaan gigi kamu juga bisa terkikis karena kamu terus menerus menggunakan tusuk gigi.

3. Menyebabkan kerusakan lapisan email atau enamel pada gigi

Enamel atau email adalah lapisan luar gigi yang bisa dilihat. Lapisan ini mengandung 5% air, dan 95% zat inorganik hidroksi apalit (senyawa kalsium fospat) dan zat organik (protein dan mukopolisakarida). Email berfungsi untuk melindungi gigi karena email merupakan bagian paling terkuat dalam tubuh manusia. Nyatanya kekuatan lapisan email pada gigi bisa berkurang bahkan rusak jika kamu terlalu sering membersihkan gigi menggunakan tusuk gigi.

 

4. Infeksi pada gigi dan mulut kamu

Diam-diam Pakai Tusuk Gigi Punya 5 Kerugian, Apa Saja?

Kamu gak pernah tahu tusuk gigi yang kamu gunakan itu terbuat dari bahan dasar kayu apa. Bisa saja tusuk gigi yang sering kamu pakai terbuat dari kayu yang cukup berbahaya yang bisa mengandung virus dan bakteri bagi kesehatan gigi maupun mulut. Jika gigi kamu jadi infeksi ini akan menimbulkan berbagai masalah, seperti menimbulkan bau mulut.

5. Menyebabkan pengikisan gigi

Diam-diam Pakai Tusuk Gigi Punya 5 Kerugian, Apa Saja?

Saat kamu menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanan, tanpa sadar kamu terus menyodok-nyodok tusuk gigi ke gigi kamu. Kebiasaan itu lama-kelamaan akan mengikis gigi kamu dan jika ini terus kamu lakukan dapat menyebabkan kerusakan pada seluruh gigi kamu.

Daripada kamu memakai tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanan yang nyangkut di gigi kamu, lebih baik kamu membersihkan gigi dengan cara menggosok gigi atau memakai benang gigi yang terbuat khusus memang untuk gigi