Inilah 6 Aktivitas Sepele Ini Ternyata yang Bikin Mata Minus Bertambah

Inilah 6 Aktivitas Sepele Ini Ternyata yang Bikin Mata Minus Bertambah

Inilah 6 Aktivitas Sepele Ini Ternyata yang Bikin Mata Minus Bertambah

 

Inilah 6 Aktivitas Sepele Ini Ternyata yang Bikin Mata Minus Bertambah

bantu penglihatan, bukan sebagai penyembuh atau penormal mata minus.

Padahal, bertambah besarnya minus ternyata bergantung hal-hal sepele yang rutin kita lakukan sehari-hari lho. Apa saja itu, yuk coba flashback, barangkali tanpa sadar kamu sering melakukannya.

Terlalu sering menatap layar smartphone atau laptop dalam jarak sangat dekat

Bukan rahasia lagi kalau laptop dan smartphone adalah dua primadona yang hampir nggak pernah jauh dari kehidupan seseorang. Bahkan kalau diminta memilih antara keduanya, rasanya seperti buah simalakama kan guys? Saking cintanya nih sama smartphone dan laptop, kita umumnya tetap memaksakan diri menatap layar keduanya meskipun mata sedang lelah. Padahal faktanya, terlalu sering melihat dua perangkat ini terlebih dalam jarak yang dekat membuat saraf mata kita meregang. Peregangan inilah yang kemudian membuat minus mata makan bertambah.

Tanpa merasa berdosa bermain smartphone sambil berbaring di ruangan gelap

Tahukah kamu bahwa cahaya redup membuat pupil terpaksa harus membuka lebih lebar. Hal ini untuk memungkinkan cahaya yang masuk lebih banyak. Selanjutnya tindakan ini membuat gambar terlihat buram karena mengubah lokasi cahaya menyentuh retina. Akibatnya, mata kita mendapat sinyal untuk tumbuh lebih panjang sehingga gambar akan menyentuh tempat yang tepat pada retina. Kondisi seperti ini yang terjadi terus menerus akan memaksa minus bertambah besaar.

Lalai melepas softlens saat tidur

Jika dibandingkan dengan kacamata, memakai softlens memang terlihat cantik dan lebih menarik. Sayangnya, setelah memakai softlens banyak orang-orang yang malah lupa sehingga memakainya untuk tidur. Bukan hanya sekedar menambah nilai minus, pemakaian soflens saat tidur juga dapat mengganggu penglihatan. Bisa secara permanen maupun tidak permanen. Karena itu, jika kamu terus-terusan melakukan kebiasaan ini, jangan harap mata kamu akan membaik dari minus ya guys

Nggak pernah ganti kacamata hitam

Percaya nggak percaya, ketimbang melindungi mata, kacamata hitam lebih sering diibuat sebagai instrumen foto alias buat gaya-gayaan saja. Padahal nih guys, fungsi kacamata hitam adalah melindungi kita dari sinar ultraviolet. Dan kacamata hitam yang digunakan dua jam atau lebih setiap harinya akan mengalami penurunan fungsi. Ini terjadi lantaran lensa gelap tersebut lama-kelamaan akan menjadi cera karena lapisan lensanya menipis dan kehilangan kemampuan untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet. Karena kemampuannya yang semakin menitis ini, tentu merusak fungsi penglihatan yang berimbas juga pada penambahan angka minu di mata kita.

Memakai kacamata minus asal murah atau salah resep kacamata minus

Kamu yang memakai kacamata minus harus super hati-hati dalam memilih kacamata ya guys. Pastikan kacamata yang kamu pakai sesuai dengan resep minus yang kamu alami. Sebab penggunaan kacamata yang salah akan membuat minusmu berevolusi karena mata menolak kacamata yang tidak sesuai kebutuhannya. Yang lebih penting lagi, jangan tergiur harga murah. Karena biasanya, kacamata seperti itu tidak melalui sederetan proses pemeriksaan yang valid.

Sering lepas kacamata nggak bikin matamu minus, ini syaratnya

Orang dewasa yang mengalami minus mata nggak akan terpengaruh seberapa sering ia melepas maupun memakai kacamatanya.  Sebab di usia dewasa, kondisi minus mata cenderung stabil terlepas dari seringnya memakai atau melepas kacamata. Kecuali pada anak-anak yang matanya masih terus bertumbuh, kondisi minus mata memang cenderung bertambah. Tapi untuk memaksimalkan kinerja mata, baik orang dewasa maupun anak-anak selalu disarankan untuk menggunakan kacamata setiap kali beraktivitas.

Nah itu dia deretan hal-hal sepeleh yang umumnya secara nggak sadar kita lakukan. Mulai sekarang, lebih baik dikurangi ya kebiasan-kebiasaan di atas. Khususnya bagi yang bermata minus. Buat kamu yang memilliki mata normal juga harus menghindari ya. Ingat guys, mencegah lebih baik ketimbang mengobati