Inilah 9 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Wajahmu Terlihat Tua

Inilah 9 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Wajahmu Terlihat Tua

Inilah 9 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Wajahmu Terlihat Tua

 

Inilah 9 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Wajahmu Terlihat Tua

AGEN TOGEL ONLINE TERPERCAYA – Apa kamu merasa kalau wajahmu terlihat tua dari umurmu sebenarnya? Padahal berbagai macam cara sudah kamu lakukan, termasuk perawatan ini itu yang cukup merogoh kocek?

Tahukah kamu kalau merawat kulit asal-asalan dan tidak tepat akan membuat wajahmu tampak lebih tua? Dan ternyata ada beberapa kebiasaan sepele dan tak terduga yang dapat mempercepat proses penuaan wajah. Apa saja?

Berikut 9 kebiasaan yang bikin wajahmu terlihat tua. Disimak, ya!

1. Tidak melindungi kulit dari sinar matahari

AGEN BOLA TERPERCAYA – Sinar matahari memang baik untuk kulit, terutama di jam-jam tertentu saat sinar matahari tidak terlalu panas. Namun, bukan berarti kamu jadi merasa tidak perlu melindungi kulit dari paparan sinarnya.

Kulitmu sangat rentan mengalami kerusakan akibat sinar UV yang dipancarkan sinar matahari. Tak hanya membuat wajahmu terlihat tua, kulitmu juga jadi terbakar dan menghitam. Kamu harus melindungi kulit dengan pakaian tertutup dan menggunakan losion tabir surya dengan setidaknya SPF 30.

2. Malas merawat kulit

TANGKASNET – Merawat kulit adalah wajib. Tak hanya asal-asalan merawat, kamu juga perlu mengenali jenis kulitmu. Apakah termasuk kulit kering, berminyak, atau campuran? Atau bahkan sensitif? Tiap jenis kulit perlu perawatan berbeda-beda.

Salah merawat kulit, apalagi tidak merawat kulit sama sekali, akan membuat kulimu gampang menua. Kerutan akan muncul dan kerusakan-kerusakan kulit lainnya seperti kulit kering, bersisik, dan kasar juga akan jadi masalah. Memilih kosmetik atau produk perawatan yang ramah pada kulit juga perlu.

3. Tidak memperbaiki posisi tidur

Para peneliti berpendapat bahwa kerutan akibat tekanan wajah pada bantal akan berpengaruh pada kulitmu. Bila kamu selalu tidur dengan posisi yang sama dan memberikan tekanan ke area wajah yang sama pula, kulitmu akan lebih mudah kehilangan kekencangannya.

Coba ubah posisi tidur sekali-kali untuk menghindari ‘bekas tidur’ di wajahmu. Cara lainnya, kamu bisa mengganti sarung bantal dengan kain yang lebih lembut.

4. Ekspresi dan gerakan wajah yang itu-itu saja

Apa kamu sering cemberut atau merengut? Hati-hati, garis-garis kerutan akan mudah muncul di wajahmu. Ketika usiamu menginjak 30 dan 40 tahun, kulit akan kehilangan elastisitasnya. Garis-garis kerutan akan lebih mudah muncul pada usia ini.

Biarpun tersenyum atau tertawa juga membuat garis kerutan mudah muncul, manfaat yang kamu dapat darinya lebih berharga dari sekadar garis kerutan di wajah. Jadi, jangan takut tersenyum karena keriput mudah muncul, ya!

5. Malas makan buah dan sayuran

Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung gizi yang dapat melindungi kulitmu dari penuaan dini. Hindari asupan gula dan karbohidrat olahan terlalu banyak karena dapat mempercepat proses penuaan kulit. Selalu konsumsi makanan dan minuman dengan nilai gizi tinggi.

6. Merokok dan minum minuman keras

Tidak hanya buruk untuk kesehatan, kebiasaan merokok dan minum minuman keras juga bikin wajahmu terlihat tua. Perokok cenderung memiliki lebih banyak kerutan di wajahnya. Para peneliti berpendapat bahwa hal ini kemungkinan dikarenakan merokok dapat memengaruhi aliran darah ke seluruh kulit.

Demikian pula pada minuman-minuman keras. Kebiasaan minum minuman keras akan membuat kulitmu gampang kering dan hilang kelembabannya.

7. Jarang olahraga

Bila kamu malas olahraga, kamu kehilangan salah satu cara efektif untuk membuat kulitmu awet muda dan bersinar. Para peneliti berpendapat bahwa olahraga rutin dapat melancarkan sirkulasi darah dan menguatkan sistem imun. Hal ini dapat membuat kulitmu tampak bersinar dan selalu awet muda.

8. Tidak melindungi kulit dari polusi udara

Polusi udara tidak hanya membawa banyak masalah bagi kesehatan, tetapi juga pada kulit kita. Para peneliti menemukan bahwa polusi udara dapat menyebabkan peradangan kulit dan penuaan. Paparan polusi udara secara langsung dan berangsur-angsur dapat merusak kulit, mudah berjerawatan, dan mempercepat proses penuaan.

9. Sering bermain ponsel

Radiasi yang dipaparkan oleh layar ponsel dan alat-alat elektronik lainnya tidak hanya berbahaya bagi penglihatan, tetapi juga kulitmu. Cahaya biru yang dipancarkan layar dapat merusak kulit, menyebabkan hiperpigmentasi dan stres oksidatif. Hindari penggunaan gawai berlebihan atau gunakan alat atau aplikasi untuk mengurangi pancaran cahaya biru.

Nah, kebiasaan mana nih yang sering kamu lakukan? Untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda, lakukan perawatan yang tepat, menjaga kebersihan diri, sering olahraga, makan makanan bergizi, dan menghindari hal-hal yang mengancam kesehatan kulit.

Selalu perhatikan dan rawat kulit wajahmu, ya!