Mudah Cemas dan Panik? Mungkin Kamu Harus Mengonsumsi 5 Makanan Pereda Stress Berikut

Mudah Cemas dan Panik? Mungkin Kamu Harus Mengonsumsi 5 Makanan Pereda Stress Berikut

Mudah Cemas dan Panik? Mungkin Kamu Harus Mengonsumsi 5 Makanan Pereda Stress Berikut

TIPS – Tinggal di kota besar dengan segudang aktivitas sering berdampak buruk pada kesehatan mental. Sering cemas, panik, stress, itu adalah sesuatu yang sangat mengganggu. Selain bisa mengganggu aktivitas, tentunya rasanya tidak nyaman harus was-was untuk hal-hal yang sebetulnya remeh.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola kecemasan dan ketakutan. Bisa dengan meditasi, yoga, olahraga, terapi menulis, dan lain-lain. Namun, tahukah kamu bahwa makanan juga turut berperan dalam menentukan kadar stress-mu? Berikut adalah daftar makanan yang bisa kamu konsumsi setiap hari untuk mengatasi stress.

1. Yoghurt

Membiasakan diri mengonsumsi yoghurt setiap hari bisa membantu menenangkan syarafmu yang tegang. Ini karena yoghurt mengandung kalsium, yang tidak hanya berguna untuk tulang dan gigi tetapi juga kaya akan potassium. Potassium inilah yang bisa menaikkan mood-mu. Berarti, kebiasaan minum yoghurt setiap hari bisa membuatmu lebih bahagia.

2. Whole Grain

Biji-bijian serelia utuh dikenal juga dengan sebutan whole grain. Makanan ini mengandung banyak karbohidrat. Lupakan dulu diet karbo. Karbohidrat yang ini tidak menimbulkan gumpalan lemak di perut kok. Malah, selain bisa mengurangi stress, juga cocok untuk diet. Coba deh makan nasi cokelat atau gandum utuh. Karbohidrat di dalamnya bisa meningkatkan kadar serotonin, yang adalah zat yang kamu butuhkan untuk melawan panik, cemas, dan depresi. Makanan ini juga meningkatkan kadar folate di dalam tubuh yang berkaitan dengan perasaan senang dan bahagia.

3. Telur

Memang mengongsumsi terlalu banyak telur dalam sehari juga tidak dianjurkan. Namun, jika masih dalam batas normal, telur justru berguna untuk menjaga suasana hatimu agar tetap stabil. Mengapa? Karena telur kaya vitamin D dan vitamin B12 yang berfungsi untuk meningkatkan mood. Maka dari itu, untuk sarapan, kamu bisa mengonsumsi telur dengan gandum utuh, seperti roti gandum atau sereal, untuk memastikan harimu bebas stress.

4. Teh Hijau

Mulai sekarang, coba ganti asupan kopimu setiap hari dengan secangkir teh hijau. Kandungan kafeinnya sama seperti kopi, tetapi tanpa efek yang membahayakan. Teh hijau memiliki zat yang berguna sebagai anti pembengkakan, sehingga bisa meredakan ketegangan pada syaraf akibat dari stress dan kecemasan. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau sehari dua kali juga bisa mencegah kanker. Bayangkan manfaatnya, tidak hanya membuatmu tenang, teh hijau juga berguna untuk menjaga kesehatan.

*5. Makanan Yang Mengandung Omega *

kan salmon, walnut, dan flaxseed atau biji bunga flax adalah tiga makanan yang kaya akan omega. Omega dikenal juga dengan sebutan fatty acid. Zat inilah yang memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah dengan menjaga kelembaban alami tubuh. Dengan begitu, tubuh akan selalu lembab dan tidak kekurangan air. Hasilnya? ketika tubuh berfungsi dengan baik, kamu juga akan selalu merasa rileks dan tenang.

6. Alpukat

Sebetulnnya, makanan apapun yang mengandung vitamin E bisa berguna untuk meredakan stress. Namun, alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Maka itu, kamu bisa mengonsumsi buah ini secara rutin untuk hasil yang maksimal. Vitamin E tidak hanya berguna untuk kulit, tetapi juga bisa mencegah kanker, infeksi, dan penyakit-penyakit lainnya. Dengan kesehatan yang terjaga, tubuhmu akan selalu merasa tenang dan nyaman, sehingga kecemasan dan ketakutan yang tidak beralan bisa dihindari.