Olahraga di Malam Hari? Sebetulnya Boleh Ga Sih?

Olahraga di Malam Hari? Sebetulnya Boleh Ga Sih?

Olahraga di Malam Hari? Sebetulnya Boleh Ga Sih?

Bangun pagi dan berolahraga adalah contoh hidup sehat yang harus dijalani. Itu pendapat sebagian besar orang. Namun, terkadang pikiran tersebut terasa kurang realistis. Bayangkan saja, setelah seharian kita sudah lelah beraktivitas dan bahkan tidur di atas jam 12, akan sangat sulit untuk bangun pagi, bukan? Apalagi jika harus olahraga.

Lalu kapan kamu harus berolahraga? Kenapa tidak coba di malam hari? Sebagian orang tidak setuju akan ide ini, karena menurut mereka berolahraga di malam hari bisa mengakibatkan insomnia. Meskipun begitu, tidak semua orang percaya akan mitos tersebut. Ada beberapa alasan mengapa kamu harus mulai bergerak setelah makan malam.

1. Bisa Bangun Siang

Bangun di pagi buta bisa menjadi beban bagi sebagian dari kita, apalagi jika harus pergi ke gym setelahnya. Ugh, bisa-bisa malah jadi stress alih-alih sehat.

Namun, jika kamu sudah berolahraga pada malam sebelumnya, hal ini tidak perlu terjadi kan? Kamu bisa bangun di waktu-waktu biasa sebelum siap-siap berangkat kuliah atau kerja. Tidak semua orang bisa olahraga di pagi hari. Dan sama sekali tidak apa-apa jika kamu salah satunya.

2. Gym Tidak Ramai

Gym adalah tempat yang ramai, apalagi sekarang ini banyak orang yang ingin berusaha hidup lebih sehat dengan berolahraga. Hasilnya? Tiap kali kamu ke gym, pasti harus selau antri untuk menggunakan treadmill atau alat angkat beban.

Meskipun begitu, ada saat-saat di mana gym bisa tampak lengang dan hampir kosong; saat larut malam. Jika kamu lebih suka berolahraga dalam ketenangan tanpa harus mengantre dengan siapa-siapa, ke gym di malam hari bisa menjadi pilihan.

3. Bisa Lebih Berenergi

Akan membutuhkan beberapa waktu di pagi hari untuk membuat tubuhmu benar-benar sadar dan terjaga. Kamu tidak bisa memaksa tubuhmu untuk berolahraga jika sedang dalam keadaan setengah sadar seperti ini. Sedangkan jika kamu berolahraga di malam hari, kamu punya lebih banyak energi untuk dihabiskan. Beberapa fakta menunjukkan bahwa fungsi dan kekuatan otot mencapai puncaknya justru di malam hari.

4. Puas Olahraga Lama-lama

Ketika gym sedang penuh, pihak manajemen biasanya memberlakukan waktu maksimum kepada para pengguna alat-alat olahraga. Itu berarti waktu yang kamu punya di gym tersebut dibatasi, karena ada banyak orang yang menunggu treadmill yang sedang kamu gunakan.

Nah, di malam har, kamu bisa menggunakan alat-alat olahraga di gym sepuasnya tanpa batas waktu, karena tidak ada yang mengantre untuk bergantian menggunakan alat-alat olahraga.

5. Menghilangkan Stress

Bekerja atau beraktivitas sepanjang hari bisa menimbulkan stress. Di penghujung hari, akan sangat membantu jika kamu melepaskan tekanan dan melampiaskan rasa frustasimu dengan berolahraga. Olahraga bisa menjadi penyaluran yang sehat untuk stress, sehingga nantinya kamu bisa tidur nyenyak tanpa dibayang-bayangi rasa khawatir.

6. Tidur Lebih Pulas

Tidak seperti apa yang disangka orang-orang, berolahraga di malam hari justru bisa membuat tidurmu lebih nyenyak. Mengapa? Karena kamu sudah menggunakan semua kelebihan energi yang kamu punya, sehingga kamu siap untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Ketika sudah lelah, tubuh akan mudah untuk beristirahat dan terlelap. Terlebih lagi, setelah berolahraga kamu akan mendapatkan perasaan senang karena sudah berhasil mencapai sesuatu. Dengan begitu, kamu bisa mengakhiri hari dengan pikiran positif.

7. Ubah Gaya Hidup Lebih Sehat

Biasanya, di malam hari kamu akan sibuk pergi kumpul dengan teman-teman dan menghabiskan waktu di restoran untuk makan makanan berlemak. Atau, kamu biasanya begadang nonton TV sambil ngemil keripik kentang.

Sekarang, kamu bisa mengubah gaya hidupmu. Ajak teman-temanmu untuk bersama-sama ke gym alih-alih nongkrong di restoran fast food. Kalian bisa mendaftar untuk kelas yoga malam dan bersenang-senang bersama.