Sedihnya bagai Ditusuk Sembilu, Apa Penyebab Kesepian di Tengah Keramaian?

Sedihnya bagai Ditusuk Sembilu, Apa Penyebab Kesepian di Tengah Keramaian?

Sedihnya bagai Ditusuk Sembilu, Apa Penyebab Kesepian di Tengah Keramaian?

TOGEL ONLINE – Segalanya tampak baik-baik saja. Tak ada yang salah. Semuanya berjalan normal dan tanpa masalah. Tapi kenapa hati merasa sedih? Kenapa hati bisa begitu kesepian saat berada di tengah keramaian?

Terlepas dari masalah yang menghinggapi hidup kita, biasanya akan ada satu titik di mana kita merasa begitu sedih. Kesedihan yang begitu pekat. Kesepian yang terasa sangat menyakitkan. Padahal di sekitar kita segalanya masih tampak indah. Di sini kita seperti merasa sedih tanpa alasan. Tapi bila kita bisa mencoba menyelaminya lagi, kesedihan yang kita alami bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan.

1. Tidak Ada Tantangan Baru

Singkatnya, kita merasa bosan. Tak ada hal-hal yang bisa membangkitkan semangat. Tak ada hal baru yang bisa dicoba. Di saat seperti ini kita perlu mencari dan melakukan sesuatu yang baru untuk pertama kalinya.

2. Menginginkan Kehidupan yang Berbeda

Dilansir dari psychologia.co, salah satu penyebab kesedihan bisa berasal dari mengingkan kehidupan yang berbeda dari kehidupan yang dimiliki saat ini tapi tidak tahu cara untuk mengubah kehidupan saat ini. Yang terjadi kemudian muncul perasaan kosong dan hampa. Merasa sangat kesepian, terlebih ketika orang-orang terdekat kita mulai berubah atau kita sudah tidak dekat lagi dengan orang-orang yang dulu dekat dengan kita.

Ilustrasi/copyright unsplash.com/@kotajue1117

3. Tidak Ada Kepuasan Batin

Ada standar dan tujuan hidup yang belum tercapai sepenuhnya. Mungkin kita sudah punya karier yang memberi penghasilan cukup setiap bulannya, tapi tidak ada kebahagiaan dari yang dikerjakan setiap hari. Hal seperti ini kemudian bisa membuat kita merasa begitu sedih dan kesepian. Saat kita tak berhasil mencapai standar dan nilai-nilai hidup kita, hasilnya kita akan sulit merasa bahagia dan gampang merasa sedih.

4. Apa-Apa Serba Dipikir (Overthinking)

Sebagian dari kita punya kecenderungan berlebihan dalam berpikir. Segalanya selalu dipikir. Apa-apa serba dipikir. Masalah sederhana yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan mudah kita buat jadi rumit sendiri karena terlalu berlebihan memikirkannya. Padahal tidak semua hal perlu kita pikir terlalu dalam, ada hal-hal yang perlu kita biarkan terjadi apa adanya dan mengikhlaskannya.

5. Kurang Paparan Sinar Matahari

Mungkin kedengarannya aneh, ya. Tapi ada beberapa orang yang sangat sensitif terhadap cahaya dan cenderung merasa down atau depresi pada saat cuaca mendung. Ada yang namanya seasonal affective disorder (SAD), yaitu jenis depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun. Pada musim tertentu, energi seringkali melemah dan sangatmoody. Salah satu kemungkinan merasa sedih atau kesepian saat segalanya tampak normal adalah kurang paparan sinar matahari. Tak ada salahnya untuk mencoba meningkatkan aktivitas di luar ruangan untuk memperbaiki suasana hati dan mengatasi rasa sepi.

Perasaan sepi dan sendiri juga bisa disebabkan oleh gangguan atau masalah kesehatan, seperti depresi, gangguan bipolar, PMS, perubahan keseimbangan hormon, dan hypothyroidism. Adakalanya kita juga perlu mencari bantuan pada orang lain untuk mengatasi rasa sedih dan kesepian yang ada. Semoga apapun masalah yang kita hadapi saat ini bisa segera terselesaikan dengan baik, ya. Kita sambut lagi cerahnya sinar matahari setelah mendung menyapa.