Tanah Longsor di Gunungkidul, Warga Sekitar Terisolasi

Tanah Longsor di Gunungkidul, Warga Sekitar Terisolasi

Tanah Longsor di Gunungkidul, Warga Sekitar Terisolasi

 

Bencana tanah longsor menerjang Dusun Baturturu, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Longsor terjadi sejak Rabu (6/3) sore, hingga membuat ruas jalan di desa tersebut terputus dan mengakibatkan 45 warga Dusun Baturturu terisolasi.

Salah satu jalan di Dusun tersebut terkena material longsoran. Akibatnya, akses jalan terputus.

Panjang longsoran tanah sekitar 25 meter, sedangkan lebar jalan yang mengalami longsor antara 6 hingga 8 meter. Tak hanya itu, sebuah rumah warga juga terkena material longsoran.

1. Satu rumah warga tertimpa longsor

Tanah Longsor di Gunungkidul, 45 Warga Terisolasi

Sukiran (56), warga Dusun Baturturu menjelaskan, tanah longsor yang terjadi di dusunnya menimpa rumah warga. Tanah longsor juga membuat akses jalan yang menghubungkan Dusun Baturturu, Desa Mertelu dengan Dusun Gupit, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari terputus.

“Ini (jalan) putus karena tanah longsor sejak kemarin sore (Rabu). Karena (jalan) putus, warga RT 5 dan RT 6 terisolir, ya kalau dijumlah ada sekitar 45 warga yang terisolir,” ujar Sukiran, Kamis (7/3).

Warga setempat bersama petugas BPBD tengah bergotong royong membersihkan material longsoran. Selain itu, untuk akses jalan sementara, warga sekitar membuat jembatan dari bambu yang hanya bisa dilalui pejalan kaki.

“Sekarang masih bersih-bersih (material longsoran) di rumah yang kena itu dan jalan ini (jalan yang terputus). Kalau jalannya bisa dilewati, tapi hanya jalan kaki lewat jembatan dari pring (bambu) itu,” ucapnya.

2. Cerita warga saat rumahnya ditimpa longsor

Tanah Longsor di Gunungkidul, 45 Warga Terisolasi

Sementara itu, pemilik rumah yang terkena longsoran yakni Miyanto (53) mengatakan, saat kejadian ia sedang berada di kandang sapi. Sedangkan anak istrinya berada di dalam rumah.

“Pas kejadian itu ada 4 orang di rumah, dan saya di kandang ngecek sapi. Terus ada suara gludug-gludug itu dan tiba-tiba air campur tanah masuk ke dalam kandang,” ujarnya.

“Ya saya langsung keluar saat itu dan mencari anak istri saya, ternyata mereka sudah keluar (dari rumah) dan selamat,” imbuhnya.

Akibat kejadian tersebut, kandang sapi milik Miyanto terhimpit material longsoran.

3. Tanah labil dan berada di pegunungan

Tanah Longsor di Gunungkidul, 45 Warga Terisolasi

Pejabat sementara Dukuh Baturturu, Samta (40) menjelaskan, kejadian tanah longsor memang kerap terjadi di Dusun Baturturu. Namun, Samta mengakui baru kali ini ada beberapa rumah yang terdampak longsor, bahkan hingga memutus akses jalan.

“Memang daerah sini (Baturturu) sering longsor karena tanahnya labil dan berada di pegunungan,” ujarnya.

“Dari data sementara, ada 3 rumah yang terdampak (tanah longsor) di Baturturu yang 1 parah. Kalau akses jalan yang putus sebenarnya ada dua, tapi yang parah di jalan yang ini (jalan penghubung Dusun Baturturu dengan Dusun Gupit),” katanya.